" Polar bear, Polar bear, apa yang kamu dengar? saya mendengar suara singa mengaum di telingaku"
Anak - anak dibacakan buku Polar Bear, Polar Bear, what do you hear? Karya Eric Carle,
buku yang sangat menyenangkan dan mereka menyukai ilustrasi yang penuh warna, juga jalan ceritanya yang mengekspos bentuk dan suara bermacam – macam binatang seperti gajah, zebra, burung merak dan masih banyak lagi, anak selalu menantikan binatang apa yang akan muncul di lembar selanjutnya.
Sesuai dengan tahapan kurikulum Bengkel Pertamaku ( BEP Kurikulum ), buku ini dapat digunakan sebagai salah satu media untuk melatih anak yang mulai bekerja dengan lima inderanya dan membantu kesadaran pendengaran dan visual .
Anak - anak kemudian menyusun gambar karakter dalam cerita sesuai ukurannya (kecil ke besar), pertama anak memilih karakter apa yang paling menarik bagi mereka, ada yang memilih bear atau flamingo, kemudian mereka mendapatkan 4 gambar karakter yang mereka pilih, mereka memberi warna ( senang melihat mereka benar - benar berusaha untuk mewarnai sama seperti yang terlihat di buku ) kemudian mereka menempelkan kembali di kertas berwarna sambil menyusun sesuai ukuran dari kecil ke besar atau sebaliknya.
Dilanjutkan dengan membuat burung merak ( salah satu karakter dalam buku cerita )
Untuk pra science anak melakukan kegiatan mencampur cat warna ke gambar Zebra ( salah satu karakter binatang dalam cerita), sekaligus anak bereksperimen mencampur material berbeda, bahan dasar minyak ( oil pastel ) dengan air ( water paint ) .
Untuk pengenalan bentuk, anak membuat polar bear dari berbagai macam ukuran bentuk lingkaran, kegiatan ini memperkuat pemahaman anak mengenai bentuk lingkaran, selain itu untuk memaksimalkan pengalaman anak melatih inderanya, maka bahan yang digunakan untuk membuat polar bear sengaja memakai bahan flanel yang lembut dan berbulu sehingga anak bisa melatih indera perabanya.
Untuk kegiatan melatih indera pendengaran, anak - anak dibuatkan bagan bergambar mengenai benda - benda yang dapat mengeluarkan bunyi, anak diberikan penjelasan mengenai bagan ini dan mereka juga di berikan stiker bintang, kami berjalan - jalan keluar dan bila mereka mendengar bunyi yang sesuai seperti yang ada di gambar maka mereka dapat menempelkan stiker bintang di gambar yang sesuai.
kemudian kita berjalan - jalan ke halaman sekolah, mulai dari halaman depan pagar sekolah, disini kami mendengar suara kendaraan lewat, kemudian ke tempat bermain dimana anak dapat mendengar suara orang sedang bermain ayunan, kita juga berjalan ke samping kelas kakak - kakak kita ( TK dan SD ) dimana anak dapat mendengar suara guru yang sedang mengajar dan suara anak – anak TK dan SD, selanjutnya kita ke halaman belakang ketempat dimana biasanya burung bertengger di pepohonan sambil berkicau dan tidak lupa menempelkan bintang - bintang kami, ...
No comments:
Post a Comment