The most effective kind of education is: a child should play amongst lovely things - plato.

Sunday, November 14, 2010

Big Fat Hen



Wah tidak terasa sudah dua minggu dari postingan saya terakhir, minggu ini kegiatan kami bertambah, Pertama karena kami mendapatkan murid baru yang cantik namanya Meisya,  Meisya sangat bersemangat untuk sekolah tetapi Meisya masih belum nyaman berada di ruangan, orang dewasa, dan juga teman - teman barunya, hebatnya hanya dua hari waktu yang dibutuhkan Meisya untuk beradaptasi, hari ketiga Meisya sudah tidak menangis lagi bila ditinggal Mama.


Sekarang kami sedang sangat bersemangat berlatih drama dan menyanyi untuk pertunjukan Natal sekolah yang diambil dari jam pelajaran,  jadinya  kegiatan  - kegiatan yang terinspirasi dari buku big fat hen baru selesai di minggu kedua.

Big fat hen adalah buku yang kami baca minggu ini, saya yakin bahwa buku ini akan menjadi a big hits buat anak - anak,  I dont know why, but it always does! anak - anak begitu senang melihat gambar ayam dan telur - telur bahkan hingga terpekik pada setiap lembarannya yang dibuka.


Kami membuat telur, mengecatnya warna - warni dan menjemurnya


Selanjutnya kami ingin membuat sarang untuk meletakkan telur - telur tersebut, maka kami berburu rumput


anak mengisi wadah tempat telur dari plastik dengan rumput dan meletakkannya dalam karton tempat telur


Kami membawanya keluar dan melakukan perlombaan jalan cepat dengan membawa telur, kakak kelas kami yang di SD Genesis pun ikut menyemangati kami, setiap ada telur yang jatuh tidak membuat mereka sedih malah membuat mereka bersemangat berebut untuk mengejar telur - telur yang menggelinding.


Anak - anak juga berlatih keseimbangan dengan berjalan mengikuti pola garis lurus, zig zag, melengkung dan melingkar. Sulit sekali lo!


Ok, kita tambahkan tantangannya, coba dengan membawa telur!


Dilanjutkan dengan menghitung telur


Kembali ke kelas mereka melatih koordinasi mata tangan dengan  melakukan kegiatan memindahkan kelereng dengan sapu dan serok.


Pada akhir buku yang kita baca, ibu ayam telah menghasilkan setumpuk penuh telur - telur yang menetas dan menghasilkan banyak sekali anak ayam, mereka terpekik senang dan berebut untuk menghitung jumlahnya


Melatih sensorik, anak diberikan wadah berisi serbuk kayu dengan banyak kelereng yang bersembunyi, mereka mencari kelereng didalam serbuk dan memindahkannya kedalam wadah kecil, masing - masing sejumlah angka yang tertera, mereka sibuk menghitung :  "1,2, 3, 6 ... ehh salah ... 1,2,3,4 ..."


 Masih menekankan konsep jumlah , anak membuat pekerjaan tangan, menghias dan menaburinya dengan serbuk kayu.


Jadilah sejumlah telur yang bersembunyi dalam sarangnya

2 comments:

Nithya said...

The content seems very interesting, the images are very impressive and speaks for itself. The over all look and feel of the website is good too!! -Nithya-

Anonymous said...

Smiles of the children shows it all.....:) Love it.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Stick Family from WiddlyTinks.com
Saya menikah dengan pria termanis di bumi ini dan kami sangat mendambakan anak anak, dia adalah inspirator saya dalam membuat blog ini, dengan berbagi kita sudah mencapai level kehidupan yang berbeda katanya.. saya berhenti dari pekerjaan penuh waktu untuk kemudian bergabung dengan kakak saya, pengelola dan kreator Genesis school. Bagi saya berkarya di dunia pendidikan anak usia dini adalah keputusan terbaik yang pernah saya buat, sekarang pekerjaan saya adalah sebuah hobi, Keseharian dengan balita luar biasa mencengangkan! kami selalu mempraktekkan ide-ide baru yang menyenangkan dan mendapatkan penemuan yang menakjubkan saat mempelajari dunia yang telah diciptakan Allah bagi kita.

Followers