The most effective kind of education is: a child should play amongst lovely things - plato.

Tuesday, November 2, 2010

Cat's Color




Kami membaca buku Cat's Color, kali ini anak - anak akan melakukan berbagai kegiatan yang mengekspos pengetahuan dan perhatian mereka kepada dunia kita yang indah penuh dengan warna.


Kita memulai hari kita dengan berburu warna di alam


Setiap hari anak bermain di taman bermain sekolah, tetapi apakah mereka memperhatikan bahwa ada banyak sekali warna di sekitar mereka? warna apa saja? ayo kita mulai dengan pohon sawit di sekolah ...


dan mereka memperhatikan bahwa ada banyak tanaman kecil warna hijau yang menempel di pohon yang cantik  ini ..


juga ada tanaman berdaun putih, oh .. daun yang kering berwarna coklat


Dan yang layu berwarna kuning ..


bermacam - macam warna batu, mulai dari batu berwarna abu - abu dan bata berwarna oranye ..


Dan yang paling menggemaskan, buah ceri kecil mungil berwarna merah ..


 Sudah lengkap? Siapa yang punya warna merah? hijau? abu - abu? hitam dan biru tidak ada yang punya? kalau begitu ayo lanjutkan berburu benda warna hitam dan biru didalam kelas .. mulai berlomba ya , pindahkan hasil buruan masing - masing ke chart ..


 Ini hasil jerih payah mereka .. Excellent kiddos ! hari ini,  warna yang sebelumnya kurang favorit bagi mereka, menjadi warna yang sering sekali ditunjuk dan disebut .... "okat!" dan "abu abu abu !"


 Teacher membuatkan lingkaran berwarna - warni, dan anak melompat ke lingkaran warna sesuai yang diminta atau yang mereka pilih, selama mereka sebelumnya menunjuk dan menyebutkan dengan benar warna apa lingkaran yang akan dilompati.


 Dan mereka juga boleh mewarnai didalam lingkaran/ atau mengikuti garis lingkaran dengan warna yang sesuai


dilanjutkan dengan membuat roda warna, anak - anak berlatih menggunting kertas warna, kemudian mengelompokkan, dan menempelkannya.


Wow hasilnya bagus sekali anak - anak! 


 Kita juga bermain pura pura bekerja di laboratorium pencampuran warna primer : merah, kuning, biru dan berusaha menghasilkan warna sekunder.


 Berhasil! kita mendapatkan warna ungu, hijau dan oranye ...





Walaupun begitu mereka belum mau berhenti, dan terus melanjutkan membuat percobaan warna  ..


Apakah anda  bertanya - tanya, betulkah mereka menyadari perubahan warna dan mendapatkan pengetahuan dari penemuan mereka atau hanya senang bermain - main dengan pipet dan air berwarna? 

 Wajah - wajah mereka akan menjawabnya untuk anda ..


 Ya, mereka menyadari dan memperhatikan perubahan warnanya ...




No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Stick Family from WiddlyTinks.com
Saya menikah dengan pria termanis di bumi ini dan kami sangat mendambakan anak anak, dia adalah inspirator saya dalam membuat blog ini, dengan berbagi kita sudah mencapai level kehidupan yang berbeda katanya.. saya berhenti dari pekerjaan penuh waktu untuk kemudian bergabung dengan kakak saya, pengelola dan kreator Genesis school. Bagi saya berkarya di dunia pendidikan anak usia dini adalah keputusan terbaik yang pernah saya buat, sekarang pekerjaan saya adalah sebuah hobi, Keseharian dengan balita luar biasa mencengangkan! kami selalu mempraktekkan ide-ide baru yang menyenangkan dan mendapatkan penemuan yang menakjubkan saat mempelajari dunia yang telah diciptakan Allah bagi kita.

Followers